Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY COMBINING AUTHOR’S CHAIR WITH FLOWER WRITING STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Nozalia, Siska - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca bagaimana cara penerapan strategi ini dalam pengajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama. Selain itu makalah ini juga dimaksudkan sebagai pedoman bagi guru-guru bahasa Inggris dalam mengajar, sehingga menjadi daya tarik bagi siswa dalam belajar. Dalam makalah ini penulis membahas tentang penggabungan dari dua strategi yaitu Author’s Chair dan Flower Writing strategi. Pada bagian ini siswa diberikan sketsa untuk mendeskripsikan sesuatu menjadi sebuah kalimat dan paragraf yang baik setelah itu siswa diajari bagaimana cara mengkoreksi hasil menulis dari siswa yang lain. Kedua strategi ini berfungsi untuk mempermudah siswa dalam mengembangkan ide-ide. Siswa dikondisikan aktif mendiskusikan gagasan mereka sehingga kegiatan pembelajaran menjadi menarik dan kreatif. Guru dapat menerapkan strategi ini dengan bantuan media seperti gambar atau video yang berhubungan langsung dengan apa yang akan diajarkan kepada siswa. Strategi ini akan membantu meningkatkan kemampuan siswa megembangkan ide mereka.

Copyrights © 2014