SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 7, No 1 (2022): SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA EDISI MARET 2022

PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES 26 KABUPATEN SORONG

Irianto M Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir siswa serta nilai akhir siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan metode role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tipe experiment dengan Metode penelitian kuantitatif yang salah satu spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Pengujian yang dilakukan adalah uji parameter (uji korelasi) dengan menggunakan uji t-statistik. Hal ini membuktikan apakah terdapat pengaruh antara masing-masing variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh antara metode Role Playing  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan nilai signifikansi X adalah 0,219 0,05 dan untuk Y adalah 47,505 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain hipotesis yang menyatakan pengaruh metode Role Playing  terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD Inpres 26 Kabupaten Sorong diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...