SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 7, No 1 (2022): SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA EDISI MARET 2022

ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN CENGE-CENGE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Sri R Naser (Pendidikan Matematika)
Fitriana Eka Chandra (Pendidikan Matematika)
Soleman Saidi (Pendidikan Matematika)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Etnomatematika merupakan strategi pembelajaran dengan mengaitkan unsur budaya dalam pelajaran matematika. Pembelajaran berbasis etnomatematika ini sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai karakter sekaligus memupuk rasa cinta anak terhadap budaya lokal yang selama ini sudah mulai ditinggalkan karena kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur etnomatematika yang terkandung didalam permainan cenge-cenge kemudian dijadikan sebagai media pembelajaran matematika dalam bentuk LKS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu petak permainan cenge-cenge, gaco pemain, aturan bermain, dan pemain cenge-cenge. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya unsur-unsur etnomatematika pada permainan cenge-cenge berupa geometri, konsep hubungan antar sudut, konsep logika matematika, dan konsep peluang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...