Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING SPEAKING BY USING COMBINING PRESENTATION, PRACTICE, PRODUCTION (PPP) METHOD AND ENGAGE, STUDY, ACTIVATE (ESA) METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT JUNIOR HIGH SCHOOL.

Rahman, Abdur - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Berbicara adalah sesuatu keahlian yang penting yang harus di miliki siswa dalam belajar bahasa Inggris, karena dengan berbicara siswa dapat berkomunikasi dengan teman dan dengan guru mereka menyampaikan berupa ide, pendapat, pengalaman, dan perasaannya. Dengan demikian berbicara merupakan hal yang terpenting di miliki setiap siswa. Makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam pengajaran bahasa Inggris, terutama dalam keahlian dalam membantu siswa untuk dapat berbicara secara aktif dan dapat mengeluarkan pendapat mereka dengan berbicara. Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan sekaligus harapan dari penulis bagi para guru-guru khususnya guru mengajar bahasa Inggris. Dalam makalah ini penulis menggabungkan dua metode yaitu metode Presentation, Practice, Production (PPP) dan metode Engage, Study Activate (ESA). Metode ini bertujuan agar guru bisa mengajarkan siswa dalam berbicara dan siswa dapat mengeluarkan opini mereka. Kemudian dalam metode Presentation, Practice, Production dan metode Engage, Study, Activate, guru dapat mengetahui seberapa aktif siswa dalam menanggapi sebuah permasalahan dapat mengeluarkan pendapat dan argumennya dengan itu guru dapat menilai sejauh mana pemahaman siswa dalam menyampaikan ide-ide mereka, sehingga guru dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pengajaran bahasa Inggris dan diharapkan berguna bagi kehidupan siswa sehari-hari.

Copyrights © 2014