Pengelolaan baik pada inventaris perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, yang secara langsung akan berpengaruh pada tingkat penjualan pada sebuah perusahaan. Inventaris pada PT XYZ memiliki permasalahan setelah berlangsungnya penggabungan dua gudang dengan mengatasnamakan perusahaan yang berbeda, sehingga pengelolaannya tidak bisa diselesaikan dalam satu sistem ERP yang sama. Hal ini menyebabkan bertambahnya satu langkah dalam proses bisnis mereka yang seringkali menjadi sebuah masalah berhubungan dengan efisiensi usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi bagi PT XYZ dalam mengelola inventaris dan meningkatkan tingkat efisiensi dalam proses bisnis melalui sistem FIFO, LIFO dan RFID. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan teknik penelitian studi kasus dan wawancara. Responden wawancara merupakan dua karyawan di PT XYZ dengan posisi sales dan kasir pada PT XYZ. Hasil analisis menemukan beberapa solusi yang dapat dipilih dan diterapkan oleh PT XYZ. Pertama, penataan layout gudang yang dipisah menjadi dua wilayah dengan memperhatian ukuran produk serta penggunaan metode FIFO. Kedua, perusahaan dapat menerapkan fitur RFID untuk pencatatan inventaris dalam gudang serta pembedaan warna pada tote bin produk berukuran kecil. Ketiga, perusahaan dapat mengintegrasikan kedua sistem ERP menjadi satu dengan membedakan gudang dalam sistem. Kata Kunci: Inventaris, Manajemen Rantai Pasok, Sistem ERP, Efisiensi
Copyrights © 2022