Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING LISTENING BY COMBINING METACOGNITIVE STRATEGY AND F.O.C.U.S STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Febrian, Ari - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari permasalahan yang adadalam pengajaran mendengar (listening) pada Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas X. Selain ituSelain itu, makalah ini juga sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam mengajarlistening skill. Agar siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris terutama dalamhal mendengar.Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana menggunakan strategi melaluipenggabungan dua strategi yaitu Metacognitive strategy dengan F.O.C.U.S strategy. Strategi inibertujuan supaya guru bisa mengembangkan kemampuan siswa dalam mendengar sehinggasiswa dapat menyampaikan dan menerima informasi dari apa yang mereka dengar. Penggunaanstrategy ini di awali dengan memutarkan sebuah video,dan siswa di minta untuk menangkap isidari percakapan tersebut. Sehingga siswa dapat mengasah kemampuan menyimak mereka. olehbimbingan guru, yang mana siswa di beri penjelasan tentang strategi ini dan instruksi-instruksiyang berkaitan dengan strategi diatas. Setelah itu, siswa di minta untuk mendengarkanpercakapan yang di putarkan dengan kaset maupun video, dan siswa juga diminta untukmemahami tentang apa yang disampaikan oleh pembicara dalam kaset tersebut. Kemudian gurumemberikan instruksi-instruksi yang berkaitan dengan Metacognitive strategy dan F.O.C.U.Sstrategy agar siswa dapat menyampaikan dan menerima informasi yang telah mereka dengar.

Copyrights © 2014