Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

Teaching Speaking by Combining Socratic Seminar and Role Modeling Strategy For Senior High School Students

Firmasari, Desi - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada pada siswa dan guru dalam proses pelajaran/pembelajaran berbicara dalam Bahasa Inggris pada sekolah menengah Atas (SMA). Selain itu, makalah ini juga sebagai masukan bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran berbicara, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajar berbicara dengan penggabungan strategi antara Socratic Seminar dan Role Modeling. Dalam aplikasinya, penggabungan strategi ini di awali oleh bimbingan guru, yang mana siswa di beri penjelasan tentang kedua strategi ini dan instruksi-instruksi yang berkaitan dengan strategi Socratic Seminar dan Role Modeling. Setelah itu, siswa di minta untuk memahami teks recount yang di berikan oleh guru sebelum siswa membicarakan dan mendiskusikan bgaiman cara menyampaikan pengalama mereka di depan kelas. Kemudian guru memberikan instruksi-instruksi yang berkaitan dengan strategi Socratic Seminar dan Role Modeling agar siswa dapat menemukan ide pokok dan pesan-pesan yang terdapat pada teks tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya penggabungan strategi Socratic Seminar dan Role Modeling dalam proses belajar mengajar, penulis juga mengutip beberapa pendapat para ahli tentang penggunaan strategi Socratic Seminar dan Role Modeling dalam pengajaran berbicara. Dengan demikian, penggabungan strategi Socratic Seminar dan Role Modeling sangat membantu siswa sekolah menengah Atas (SMA) untuk memahami dan menyampaikan sebuah teks dalam Bahasa Inggris.

Copyrights © 2014