Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

THE EFFECTIVENESS OF TEXT WALK STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHESION FOR EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 4 LINTAU BUO, TANAH DATAR

Merta, Dian Lili ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode experimental, dengan one group pre-test-posttest design. Pada kelas experiment diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunkan strategi Text Walk. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Lintau Buo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 152 orang yang terdiri dari 5 kelas yaitu VIII A, VIII B, VIII C, VIII D and VIII E. Kelas sample ditentukan oleh uji normality. Yang terpilih sebagai kelas experiment adalah VIII C dan VIII E sebagai kelas try out. Peneliti memberikan pretest untuk mengetahui pemahaman awal siswa terhadap teks sebelum melakukan perlakuan atau treatment. Instrument penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative text dan recount text. Setelah melakukan percobaan, peneliti mengadakan posttest untuk mengetahui hasil dari pengaruh strategy yang telah dicobakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari strategi Text Walk dalam meningkatkan reading comprehesion siswa kelas VIII C SMPN 4 Lintau Buo. Hal ini ditunjukkan oleh analisis t-test diperoleh t-hitung 2.67 dan t-table 2.04 berarti t-hitung>t-table. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang significant dari penggunaan strategy Text Walk terhadap pemahaman membaca siswa ada kelas VIII di SMPN 4 Lintau Buo tahun jaran 2013/2014.

Copyrights © 2014