Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING SPEAKING BY COMBINING COMMUNITY CIRCLE AND SOCRATIC SEMINAR STRATEGIES AT SENIOR HIGH SCHOOL

Yurdiani, Esi - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi beberapa dari sekian banyak permasalah yang ada dalam pengajaran speaking di Sekolah Menengah Atas. Selain itu makalah ini juga dimaksudkan untuk menjadi masukan bagi guru-guru bahasa Inggris untuk mengajar speaking sehingga siswa termotivasi untuk belajar speaking. Penulis memperkenalkan beberapa strategi dalam pengajaran speaking yaitu dengan menggunakan kombinasi dari dua strategy yaitu Community Circle Strategi and Socratic Seminar Strategi. Kombinasi dari kedua strategy ini saling mendukung satu sama lain. Dalam strategi Community Circle, siswa mengemukakan pendapatnya dalam berbicara dengan kelompok belajar berbentuk lingkaran. Strategi ini akan meningkatkan percaya diri dan motivasi siswa untuk berlatih mengemukan pendapat mereka kepada siswa-siswa lain. Socratic Seminar strategi mendorong siswa lebih aktif dalam mengembangkan ide-ide mereka terhadap topik yang dibahas selama pembelajaran berlangsung. Kombinasi strategi ini akan membuat siswa lebih termotivasi dan setiap mereka mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapat mereka dan juga dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam berbicara.

Copyrights © 2014