Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING SPEAKING BY COMBINING NUMBERED HEADS TOGETHER WITH ROUND ROBIN STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Pardelino, Jamil - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam berbagai keterampilan, para guru dituntut untuk menerapkan penggabungan dua strategi yang tepat dalam proses belajar dan mengajar. Speaking merupakan salah satu dari empat skill ( Listening, Speaking, Reading, dan Writing ) dalam bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah. Siswa dituntut untuk menguasai keempat keterampilan tersebut, namun siswa mengalami beberapa kesulitan dalam speaking. Yaitu, dalam berbicara siswa menghadapi kesulitan menentukan grammar yang tepat, kata-kata yang sesuai, dan cara pengucapan yang benar. Kemudian, kesulitan siswa dalam speaking juga dipicu oleh guru yang tidak melibatkan siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini membuat siswa pasif di dalam kelas. Untuk itu, guru membutuhkan penggabungan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam speaking. Dua diantara strategi yang dapat digabungkan tersebut adalah Numbered Heads Together dan Round Robin Strategy. Dalam aplikasinya strategi ini diawali dengan siswa mempelajari dan memahami informasi lengkap tentang materi yang akan dipelajari, kemudian guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang memiliki jawaban lebih dari satu. Setelah itu, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang mempunyai jawaban yang lebih dari satu. Setelah semua aktivitas dilakukan, siswa dibimbing untuk menyimpulkan inti dari topik pelajaran. Dengan cara ini, siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam speaking.

Copyrights © 2014