Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING SPEAKING DESCRIPTIVE TEXT BY COMBINING INSIDE OUTSIDE CIRCLE AND 20 QUESTION STRATEGIES AT SENIOR HIGH SCHOOL

FITRI, MAIRI IRSYA ( Mahasiswa Program Studi Pendidkan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengatasi salah satu permasalahan yang ada dalam pengajaran speaking. Speaking adalah salah satu skill yang sangat penting dalam pengajaran bahasa Inggris. Disini, Siswa dituntut aktif dan percaya diri dalam menyampaikan pendapat di kelas, namun kenyataannya siswa masih banyak yang tidak aktif dalam berbagi pendapat saat pelajaran berlangsung. Selain itu, siswa menghadapi banyak kesulitan dalam speaking. Diantaranya: siswa menghadapi kesulitan menentukan kata-kata yang sesuai, mengekspresikan ide mereka secara baik dan benar, dan berbicara bahasa inggris dengan lancar dan tepat. Kesulitan siswa dalam speaking juga dipicu oleh guru yang tidak melibatkan semua siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris.Dalam makalah ini, penulis menggabungkan dua strategi yaitu inside outside circle and 20 questions strategy yang dapat membantu siswa berbicara dengan lancar dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk berbicara dalam bahasa inggris di kelas. inside outside circle yaitu guru memberikan topik yang akan didiskusikan oleh siswa, guru meminta siswa untuk membentuk 2 lingkaran sebelum mendiskusikan topik yang telah diberikan, guru meminta siswa untuk mengeluarkan pendapat dan ide mereka mengenai topik yang diberikan oleh guru. Strategi ini juga menuntut siswa untuk lebih aktif dan berpartisipasi dalam sesi diskusi. Siswa di minta saling berbagi ide dengan temanya. Setelah semuanya saling berbagi ide atau pendapat, mereka diberikan masalah baru yang berhubungan dengan materi. 20 questions adalah sebuah aktivitas yang melibatkan semua siswa untuk mengekspresika ide mereka dalam bentuk pertanyaan yang sesuai dengan materi yang telah didiskusikan. Siswa akan mencoba menebak apa yang dipikirkan oleh guru dan guru hanya menjawab pertayaan siswa dengan menggunakan yes or no. Siswa yang mampu memberikan pertanyaan paling banyak dari kelompok akan diberi hadiah jika guru menginginkan. Penggabungan dua strategi ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam berbicara untuk mengekspresikan ide mereka dalam bahasa Inggris.

Copyrights © 2014