Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING READING OF NARRATIVE TEXT BY COMBINING DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) STRATEGY AND THREE MINUTE PAUSE STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Ahmad, Rafki - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada pada siswa dan guru dalam proses pembelajaran dan pengajaran membaca Bahasa Inggris pada sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, makalah ini juga menjadi sebuah masukan bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran membaca, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar bahasa inggris. Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajar membaca dengan penggabungan strategi antara Directed Reading Thingking Activity (DRTA) dan Three Minute Pause. Dalam pengaplikasiannya, penggabungan strategi ini diawali oleh bimbingan guru yang melibatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran, yang mana pertama siswa diberikan penjelasan tentang materi yang diajarkan oleh guru dan instuksi-instruksi yang berkaitan dengan materi yang akan di ajarkan. Kedua, siswa diminta oleh guru untuk membentuk kelompok atau pasangan untuk mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guru berupa teks yaitu teks Narative. Ketiga, guru meminta siswa untuk memahami materi yang telah diberikan yaitu memahami judul teks yang diberikan dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut. Keempat, guru meminta siswa untuk membaca teks dan memahami isi atau informasi yang ada dalam teks tersebut. Kelima, siswa diminta untuk mengambil kesimpulan dalam memahami isi atau informasi dalm teks dan meminta siswa mengidentifikasikan beberapa kata yang menarik dan juga kata- kata yang kurang dipahami setelah siswa membaca teks tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang pengaplikasian kedua strategi ini, penulis juga mengutip beberapa pendapat para ahli tentang penggunaan masing-masing strategi. Penulis berharap makalah ini berguna bagi para pembaca dan khususnya pada guru Bahasa Inggris sebagai salah satu metode alternatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran membaca.

Copyrights © 2014