Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yangmenyatakan bahwa siswa kurangberminat dalam kegiatan menulis narasi disebabkan kurangnya pembendaharaan kosakata, sehinggakemampuan menulis narasi siswa masih rendah. Halini terlihat sulitnya siswa memulai sebuah tulisan.Banyak siswa yang tidak memenuhi Kiteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 75. Penelitian inibertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulisnarasi kelas X MAN Padusunan Pariaman. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitianeksperimen semu (quasi eksperimen) populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MANPadusunan Pariaman. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penyampelan secaraacak (proposional randomsampling), yaitu 25% dari populasi, sehingga sampel berjumlah 52 orangsiswa yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitianmenyimpulkan bahwapada taraf signifikasi 95% diperoleh thitung =6,9245 ttabel = 1,675. Hal inidibuktikan oleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 75,38 yang berada pada rentangan66â75%, sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 63,65 yang berada pada rentangan56â65%. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan teknik reka cerita gambar berpengaruh secarasignifikan terhadap kemampuan siswa kelas X MAN Padusunan Pariaman dalam menulis narasi.
Copyrights © 2014