Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan cara guru Bahasa Inggris menilai penilaian unjuk kerja di SMPN 12 Padang. Ada tiga cara penilaian unjuk kerja yang dapat dilakukan oleh guru didalam kelas. Menurut para ahli tiga cara tersebut adalah: penilaian unjuk kerja untuk tujuan pertanggungjawaban dan intervensi pengajaran, penilaian unjuk kerja untuk penempatan pekerjaan siswa yang termasuk dalam berpikir tingkat tinggi dan penyelesaian masalah dengan kompleks, dan penilaian unjuk kerja berdasarkan kesempatan siswa dalam mengunakan bahasa untuk tujuan yang nyata. Instrument penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis dan diolah secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan bahwa guru bahasa Inggris di SMPN 12 Padang telah menggunakan tiga cara dalam melakukan penilaian unjuk kerja. Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa semua aktifitas yang dilakukan oleh guru seluruhnya sesuai dengan indikator dari masing-masing jenis penilaian unjuk kerja tersebut. Sehingga, dapat diinterpretasikan bahwa guru bahasa Inggris di SMPN 12 Padang telah menilai penilaian unjuk kerja dengan menggunakan tiga cara penilaian unjuk kerja dengan optimal.
Copyrights © 2014