Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING WRITING BY COMBINING SOCRATIC SEMINAR AND BRAIN WRITING STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

-, Yuliani - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang harus dipelajari di Indonesia sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Walaupun bahasa Inggris telah dipelajari bertahun-tahun, tapi para siswa masih memiliki kesulitan khususnya dalam writing. Hal ini disebabkan karena para siswa mempunyai kesulitan dalam menemukan ide untuk menulis, kesulitan dalam menemukan kata-kata yang cocok untuk mewakili ide mereka, dan juga kesulitan dalam menggunakan grammar dan kata hubung yang tepat dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru harus bisa menemukan strategi yang menarik dalam proses belajar mengajar sehingga membuat para siswa senang dan tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan mampu melakukan writing. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan writing dengan menggunakan dua strategi yaitu Socratic Seminar dan Brain Writing. Socratic Seminar adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan writing. Strategi ini merupakan strategi yang tepat untuk membantu para siswa menemukan ide dalam menulis. Brain writing adalah salah satu strategi sangat bagus untuk menunjang kemampuan writing siswa karena dengan menggunakan Brain Writing strategy, semua siswa dibimbing untuk mengidentifikasi informasi-informasi untuk dikembangkan kedalam tulisan mereka. Dalam mengunakan Brain Writing strategy, guru membimbing siswa mengembangkan ide siswa terhadap topic dan kemudian membantu siswa mengembangkan identifikasi tersebut menjadi paragraf-paragraf sehingga menjadi tulisan yang bagus.

Copyrights © 2014