Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING READING BY COMBINING FRAYER MODEL WITH GREET AND GO STRATEGY AT THE EIGHTH GRADE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

Saputra, Dedi - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Pengajaran reading (membaca) merupakan suatu keterampilan yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswa. Pentingnya pengajaran reading maka, guru harus kreatif untuk membuat pembelajaran reading agar lebih menyenangkan dengan menerapkan strategi yang menarik dan tepat dalam pembelajaran reading. Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan reading melalui gabungan dua strategi yaitu frayer Model dengan Greet and Go. Dalam aplikasi dua strategi ini, penulis menggunakan strategi pertama yaitu Frayer Model sebagai strategi awal pembelajaran. Strategi ini diawali dengan guru memberi siswa teks pelajaran, guru memberikan sebuah diagram dan menjelaskan apa isi diagram serta meminta mengisi diagram bersama kelompok dengan kata-kata yang mudah dimengerti. Terakhir guru meminta siswa untuk mendiskusikan hasilnya. penulis menggunakan strategi yang kedua yaitu Greet and Go yang digunakan dipertengahan pembelajaran, guru memberikan kartu berwarna kepada setiap grup dan memberikan perintah. Setelah itu, guru meminta grup untuk menuliskan paragraf kedalam kartu itu dan meminta siswa membacakan paragraf tersebut bergiliran. Terakhir guru meminta siswa membuat prediksi tentang isi paragraf tersebut dan diskusikan bersama-sama.

Copyrights © 2014