Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING SPEAKING BY COMBINING SKIT WITH THOUGHT TRACKING STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Rahman, Fahmi - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Makalah ini membahas bagaimana mengajarkan speaking sehingga membuat siswa tertarik untuk berbicara bahasa Inggris dengan menggabungkan strategy Skit dengan Thought Tracking strategi. Skit adalah salah satu strategi yang dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa dan rasa percaya diri. Strategi ini dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam kelas speaking melalui praktik drama. Semua siswa merasa nyaman dan santai sampai mereka tidak menyadari bahwa mereka telah berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam menggunakan strategi Skit, guru telah menyediakan teks narasi. siswa diminta untuk membaca teks dan mencari beberapa tokoh yang ada untuk dijadikan pedoman dalam membuat naskah drama. Strategi Thought Tracking adalah salah satu strategi yand dapat mengembangkan kemampuan speaking. Karna melalui strategi ini siswa dituntut untuk berfikir tentang apa yang akan disampaikannya melalui bermain peran sehingga dapat mengungkapkan ide dan pemikirannya. Penggabungan kedua strategi tersebut siswa akan lebih termotivasi dalam berbicara. Oleh karena itu penggabungan kedua strategi ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Sehingga Mereka memiliki rasa percaya diri untuk berbicara.

Copyrights © 2014