Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa SMA.Negeri 4 Padang kelas X dalam menulis generic structure dari descriptive text yang terdiri dari identification dan description. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas X MIA1 yang terdiri dari 32 siswa yang telah dipilih secara acak.Data diambil melalui penulisan sebuah descriptive text yang dibuat oleh siswa. Siswa diminta untuk membuat sebuah descriptive text berdasarkan 4 topik yang diberikan oleh peneliti. Mereka hanya boleh memilih salah satu dari 4 topik yang dipersiapkan oleh peneliti.Topik yang mereka pilih antara lain: My lovely Mother or Father, My Lovely Pet, My Favorite Place, My Beloved Idol.Dari hasil penelitian, peneliti menemukan terdapat beberapa cara siswa dalam menulis generic structure dari descriptive text. Peneliti menemukan beberapa variasi â variasi cara siswa â siswa menulis descriptive text seperti dalam menulis identification; focus pada satu partisipan dan spesifik, focus pada satu partisipan tapi tidak spesifik, focus pada lebih dari satu partisipan dan tidak spesifik, focus pada satu partisipan dan tidak spesifik dan focus lebih dari satu partisipan tapi spesifik. Kemudian dalam penulisan description, peneliti juga menemukan variasi â variasi cara siswa menulis description of descriptive text seperti: mendeskripsikan tentang penampilan, sifat, hobi dari partisipan, mendeskripsikan tentang penampilan dan sifat dari partisipan.Secara general, siswa kelas X dari SMA.4 Padang telah mampu menulis generic structure of descriptive text dengan baik. Namun, juga terdapat beberapa siswa yang belum mampu menulis generic structure of descriptive text dengan baik berdasarkan teori Winch .
Copyrights © 2014