Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING LISTENING BY USING DO YOU HEAR WHAT I HEAR ? STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Oktaviana, Rosa - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada pada siswa dan guru dalam proses belajar dan pembelajaran mendengar dalam Bahasa Inggris pada sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, makalah ini juga sebagai masukan bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran mendengar, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajar mendengar dengan menggunakan strategi DO YOU HEAR WHAT I HEAR?. Dalam aplikasinya, pennggunaan strategi ini diawali oleh bimbingan guru, yang mana siswa di beri penjelasan tentang strategi ini dan instruksi-instruksi yang berkaitan dengan strategi DO YOU HEAR WHAT I HEAR?. Setelah itu, siswa di minta untuk mendengarkan percakapan yang di putarkan dengan kaset, dan siswa juga diminta untuk memahami tentang apa yanga disampaikan oleh pembicara didalam kaset tersebut. Kemudian guru memberikan instruksi-instruksi yang berkaitan dengan strategi DO YOU HEAR WHAT I HEAR? agar siswa dapat meampaikan informasi yang telah mereka dengar. Untuk mengetahui lebih jelasnya penggunaan strategi DO YOU HEAR WHAT I HEAR?dalam proses belajar mengajar, penulis juga mengutip beberapa pendapat para ahli tentang penggunaan strategi DO YOU HEAR WHAT I HEAR? dalam pengajaran mendengar. Dengan demikian, penggunaan strategi DO YOU HEAR WHAT I HEAR? sangat membantu siswa sekolah menengah atas (SMA) untuk memahami informasi yang mereka dengar melalui kaset dalam Bahasa Inggris.

Copyrights © 2014