Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Vol. 14 No. 2 (2022): July Edition

Model Blended Learning Bervisi SETS untuk Melatih Kecerdasan Jasmaniah Kinestetik, Logis Matematis, Visual Spasial, dan Naturalis Mahasiswa

Sugianto (Universitas Wiralodra)
Dwi Fauzi Rachman (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran blended learning bervisi SETS dalam melatih kecerdasan jasmaniah kinestetik, logis matematis, visual spasial dan naturalis mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) yang terdiri dari tujuh tahapan : 1)Research and Information Collecting, 2) Planning, 3) Develop preliminary form of product, 4) Preliminary field testing, 5) Main product revision, 6) Main Field Testing, 7)Final product revision. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran blended learning bervisi SETS diracang berdasarkan tahapan pembelajaran pengelolaan lingkungan hidup (PLH) secara daring dan luring. Pengembangan model blended learning bervisi SETS efektif dalam melatih kecerdasan majemuk mahasiswa yang terdiri dari kecerdasan jasmaniah kinestetik, logis matematis, visual spasial dan naturalis mahasiswa.

Copyrights © 2022