Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING SPEAKING BY COMBINING THREE STEPS INTERVIEW AND TALKING CHIP STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

-, Susilawati - ( Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Melalui makalah ini penulis menjelaskan menjelaskan teori-teori teaching speaking by combining Three Steps Interview and Talking Chip Strategy berdasarkan para ahli, dan penulis menjelaskan cara pengajaran dengan meenggabungkan dua strategi ini. Dengan penggabungan strategy ini siswa dapat melatih dan mengasah kemampuan mereka dalam berbicara terutama berbicara dalam bahasa Inggris.Speaking merupakan salah satu dari empat skill (Listening, Speaking, Reading, dan Writing) dalam bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah. Siswa dituntut untuk menguasai keempat keterampilan tersebut, namun siswa menghadapi kesulitan menentukan grammar yang tepat, kata-kata yang sesuai, dan cara pengucapan yang benar. Kesulitan siswa ini juga dipicu oleh guru yang tidak melibatkan siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini membuat siswa pasif di dalam kelas. Untuk itu, siswa membutuhkan penggabungan strategy yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam speaking. Dua diantara strategy yang dapat digabungkan tersebut adalah Three Step Interview dan Talking Chip Strategy.Dalam aplikasinya strategy ini diawali dengan mempelajari dan memahami informasi lengkap tentang materi yang akan dipelajari, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan interview teman sebaya tentang materi yang topic yang dibicarakan. Setelah siswa melakukan interview, siswa disuruh mendiskusikan ide mereka dengan “chip” yang harus mereka gunakan setiap kali mereka menyampaikan pendapat. Setelah semua “chip” digunakan oleh siswa untuk mengemukakan pendapat, siswa menyimpulkan inti dari topic pelajaran. Dengan cara ini, siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam speaking.

Copyrights © 2014