Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING READING NARRATIVE TEXT BY COMBINING STUDENT VOC STRATEGY WITH LIST-GROUP-LABEL STRATEGY FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

-, Wiwin - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Didalam makalah ini, penulis akan menguraikan dan menjelaskan tentang pengajaran readingkhususnya dalam teks narrative. Disini akan di jelaskan bagaimana pengajaran readingmelalui penggabungan dua strategi yaitu strategi List Group Label dan strategi VOC padasekolah menengah pertama. List Group Label adalah sebuah strategi yang bisa meningkatkankemampuan siswa dalam reading skill. Penggunaan strategi ini memudahkan guru dan muriddalam memahami sebuah teks karena strategi List Group Lebel membantu siswa dalammengelompokkan serta memahami arti dari tiap-tiap kata berdasarkan kategorinya, dan siswamemberikan label atau pengelompokan kata yang tepat dari sebuah teks. Sedangkan strategiVOC membuat siswanya lebih aktif lagi dalam memahami dan mempelajari sebuah kata baruberdasarkan konteks. Pada strategi VOC ini guru akan membimbing murid-muridnya untukberfikir aktif dan memprediksikan makna kata dari sebuah teks sesuai konteksnya. Sehinggapembelajaran teks narrative dalam reading skill akan lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami. Sesuai dari tujuan penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif,efektif dan efisien dalam membaca. Penulis mengharapkan agar penggabungan strategistrategiini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar membaca.

Copyrights © 2014