Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Analisis Kompetensi Digital Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran Daring Anak Usia Dini

Wiwin Winarti (Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Sri Nurhayati (Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Nandang Rukanda (Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Safuri Musa (Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Reny Jabar (Badan Narkotika Nasional)
Euis Eti Rohaeti (Pendidikan Matematika, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Guru PAUD di era digitalisasi ini dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai, baik dari segi wawasan maupun penggunaan teknologi digitalnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kompetensi digital guru PAUD. Pendekatan dan metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara pada 10 orang guru PAUD di Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat kompetensi digital guru PAUD pada area pembuatan konten dan pengetahuan, evaluasi dan problem solving serta teknis pengoperasian masih rendah. Sedangkan pada area kolaborasi dan etika serta tanggung jawab sudah lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya tuntutan kebutuhan mereka untuk berinteraksi dengan relasi dan menjadi bagian dari komunitas online. Dibutuhkan pelatihan dengan materi wawasan dan penggunaan teknologi digital terutama di dalam mengakses, mengelola informasi, dan menjadikannya sebuah konten dalam pembelajaran di PAUD

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...