Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

Teaching Writing by Combining Looping and Flower Writing Strategies for Junior High School

-, Monica - ( Mahasiswa Program Studi Pendidkan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Dalam makalah ini, penulis akan menerangkan tentang pengajaran writing untuk anak-anakSMP dengan mengabungan dua strategi ‘looping’ dan ‘flower writing’ strategi. Tujuan pembuatanmakalah ini adalah memberikan informasi tentang langkah - langkah pengajaran writing denganmenggunakan looping dan flower writing strategi yang bertujuan untuk menulis recount text untukmurid SMP. Looping strategi adalah menulis bebas dimana siswa yang tadinya tidak focus menjadifocus dalam menulis, karena siswa dibimbing untuk mengembangkan ide nya kedalam sebuah tulisan.Siswa diminta menulis bebas dalam 5 menit dan setelah 5 menit berhenti menulis, siswa dimintameninjau kembali apa yang telah mereka tulis dan guru meminta siswa memilih point kalimat atau katayang ingin mereka kembangkan dan melingkari kata atau kalimat tersebut, lalu siswa mengembangkankata atau kalimat yang telah mereka lingkari tersebut. Sedangkan, flower writing strategi adalahstrategi yang menggunakan gambar bunga yang terdiri dari beberapa bagian yaitu putik dan kelopakbunga. Dibagian putik adalah topic dan dibagian kelopak bunga adalah supporting details. Siswadiminta menuliskan topic dibagian putik bunga dan menuliskan ide- ide untuk mendukung topictersebut dibagian kelopak bunga, selanjutnya dari beberapa ide dikembangkanlah menjadi paragrafyang lebih bagus. Strategi-strategi ini mampu membuat proses belajar maupun mengajar lebih effektifkarena dua strategi tersebut menghasilkan model pembelajaran yang sangat bermanfaat, menarik danberguna bagi guru maupun siswa. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebihaktif, dalam mengembangkan ide kedalam sebuah tulisan. Penulis mengharapkan agar penggabunganstrategi-strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar menulis.

Copyrights © 2014