Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Bercerita Seraya Berkarya untuk Menumbuhkan Literasi Anak Usia Dini

Dewi Mulyani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Islam Bandung)
Dinar Nur Intem (Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, Universitas Islam Bandung)
Helmi Aziz (Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Program literasi seiring perkembangan zaman di Abad 21 telah berkembang menjadi multiliterasi. Menumbuhkan pribadi literat dimulai sejak dini dari ruang-ruang keluarga. Mengingat sosok anak yang unik maka perlu pendekatan dan model yang cocok bermakna dan menyenangkan. Dalam kesempatan ini ditawarkan salah satu model multiliterasi ibu dan anak Candaria - bercerita sambil berkarya. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen melalui pendekatan pre-post test with control group design. Pada tahap awal, dilakukan studi Pustaka dan studi pendahuluan. Berikutnya analisis kebutuhan inovasi dan merancang model. Selanjutnya, penentuan sampel penelitian dan penerapan model. Evaluasi dilaksanakan setelah keseluruhan kegiatan berakhir. Hasil penelitian terlihat bahwa tidakĀ  terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan kreativitas orangtua dalam kegiatan multiliterasi melalui Candaria pada taraf kepercayaan 95 persen. Dengan demikian Candaria dapat dipergunakan sebagai model menumbuhkan multiliterasi ibu dan anakĀ  di masa usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...