Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak

Nia Lailin Nisfa (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Lita Latiana (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Diana Diana (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Ciri utama dari kurikulum merdeka adalah Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar adalah pembelajaran project based learning berbasis STEAM (Sains, Teknologi, Engineering, Art, Mathematic). Karena Pembelajaran PjBL berbasis STEAM (Sains, Teknologi, Engineering, Art, Mathematic) merupakan pembelajaran yang sangat penting dalam pendidikan saat ini, sehingga kemampuan sosial emosi anak dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran project based learning terhadap ketrampilan sosial dan emosi anak di TK Cempaka. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran PjBL berbasis STEAM dapat berpengaruh terhadap ketrampilan sosial dan emosi anak di TK Cempaka. Berdasarkan rumusan masalah pada penelitian, dirumuskan pertanyaan yaitu bagaimana pengaruh pendekatan pembelajaran PjBL berbasis STEAM terhadap ketrampilan sosial dan emosi anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...