Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Efektivitas Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Anak Usia Dini

Arimbi Nur Aurina (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Zulkarnaen Zulkarnaen (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Dalam Pendidikan Anak Usia Dini, guru pendamping mempunyai peranan penting serta setara dengan guru inti, terlebih pada bidang kompetensi pedagogik, sebagaimana yang tertuang pada Peraturan Mendikbud bernomor 137 Tahun 2014. Namun pada kenyataanya peran guru pendamping dinilai masih belum efektif dalam membantu meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik. Kajian ini bertujuan guna mengungkap efektivitas guru pendamping dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak. Subjek pada kajian ini melibatkan 7 orang guru pendamping. Pendekatan kualitatif berjenis studi kasus digunakan pada kajian ini. Teknik pengumpulan datanya melalui interviu, pengamatan, serta dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil kajian dapat ditarik kesimpulan bahwasanya peran guru pendamping sangat efektif terhadap kualitas pembelajaran dengan terpenuhinya beberapa indikator perencanaan, pelaksanaan, serta evalusi pembelajaran dimana guru pendamping dalam hal menguasai kelas, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar sudah berada dalam kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...