Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Pengaruh Penerapan Model PBL dengan Media Takalintar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Desi Ambar Sari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rusnilawati Rusnilawati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Rendahnya keterampilan dalam memecahkan masalah dan terbatasnya media yang guru gunakan dalam menyampaikan materi, sangat berdampak pada hasil belajar matematika. Tujuan  penelitian ini untuk menganalisis tentang pengaruh penerapan Problem Based Learning dengan media Takalintar terhadap hasil belajar pada materi matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Nonequivalent Contro Group Design. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol tanpa perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III. Sampel yang digunakan pada penelitian ini siswa kelas IIIA dan IIIB berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan ialah soal tes yang berbentuk soal uraian untuk membandingkan hasil belajar. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis T-test dengan bantuan SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan kelas eksperimen pretest dan postest memiliki nilai sig kurang dari a, (0,000 kurang dari 0,05) yang  artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...