Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tipe dorongan apa yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini, usaha tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek yang digunakan oleh guru didalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode descriptive dan menggunakan teknik purposive sampling untuk pemilihan informant dalam penelitian ini. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan dua instrument yaitu observasi dan wawancara tidak terstruktur. observasi dilakukan oleh peneliti sendiri dengan masuk ke dalam ruangan kelas. Pada saat observasi peneliti menggunakan kamera digital untuk mengambil video dan observation checklist dan peneliti melakukan interview tidak terstruktur kepada siswa menggunakan hape kamera sebagai alat pengumpul data. Kedua instrumen tersebut digunakan untuk melihat tipe dorongan apa yang digunakan guru dan apa efeknya terhadap siswa didalam proses belajar. Setelah itu, peneliti melakukan tahap analisa data deskriptif yang terdapat dala m buku Gay and Airasian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebanyakan guru menggunakan tipe yang positif dan hampir semua guru menggunakan dorongan yang positif terhadap siswa didalam kelas, karena itu bisa membuat siswa percaya diri. Dorongan yang negatif juga ada digunakan guru, tetapi masih sedikit digunakan karena itu bisa membuat siswa tidak percaya diri didalam kelas terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 12 Padang.
Copyrights © 2014