Bahasa inggris adalah mata pelajaran yang wajib di pelajari oleh siswa karena tercantum dalam sebuah kurikulum. Tujuan dari bahasa inggris adalah siswa di harapkan mampu menguasai bahasa inggris dengan baik, sehingga berdasarkan kurrikulum di indonesia belajar bahasa inggris di mulai dari SMP dan SMA. Dalam bahasa inggris terdapat empat skill yang harus di kuasai oleh siswa antara lain Mendengarkan, Berbicara, Membaca dan Menulis. Speaking adalah salah satu dari empat skill dalam bahasa inggris yang harus di kuasai oleh siswa dan speaking termasuk skill yang paling sulit, karena dalam speaking siswa harus mampu berbicara mengeluarkan ide atau pendapat mereka. Namun demikian, masalah yang di temukan adalah siswa tidak mampu mengeluarkan ide atau pendapat mereka karena mereka merasa bosan, tidak tertarik dalam pelajaran speaking dan strategi yang di gunakan oleh guru tidak sesuai dengan kebutuhan siswa.Dalam makalah ini, penulis mencoba memberikan solusi tentang permasalahan yang di hadapi siswa dalam pembelajaran speaking. Penulis mencoba menggabungkan dua strategy yang bisa membuat pelajaran speaking semakin menarik dan tidak membosankan sehingga siswa dapat mengeluarkan ide atau pendapat mereka. Strategy tersebut adalah Gallery Walk Strategy and Stick Debate Strategy. Gallery Walk Strategy adalah strategi yang dapat di gunakan oleh guru dalam pembelajaran speaking sebagai brainstorming untuk menghimpun ideâide siswa berdasarkan background knowledge siswa. Sedangkan Stick Debate Strategy adalah strategi yang juga dapat di gunakan dalam speaking karena dalam Stick Debate Strategy siswa di tuntut untuk mengeluarkan ide-ide atau pendapat mereka berdasarkan topik yang di pelajari. Strategi ini juga dapat menumbuhkan keberanian siswa untuk berbicara, sehingga tujuan dari pembelajaran speaking dapat tercapai.
Copyrights © 2014