Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING WRITING OF DESCRIPTIVE TEXT BY COMBINING FOUR SQUARE METHOD AND CRITICAL INCIDENT QUESTIONNAIRE METHOD FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

Ichsafitri, Chintia - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Writing adalah suatu proses menuliskan ide dan pikiran dalam bentuk tulisan. Didalam pengajaran writing, banyak yang mengalami kesulitan dalam menyusun ide sampai dengan menuliskannya dalam sebuah paragraf sehingga kebanyakan siswa menganggap pelajaran writing merupakan pelajaran yang sulit. Maka, seorang guru harus mengunakan metode pembelajaran baru untuk dalam pembelajaran writing. Metode yang cocok digunakan untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggabungkan metode Four Square Method dan Critical Incident Questionnaire Method. Metode gabungan ini ditujukan untuk mempermudah siswa dalam menyusun dan menuliskan ide dalam bentuk paragraf. Dalam strategi ini siswa bekerja secara berpasangan atau berkelompok. Kegiatan yang dilakukan, guru memperlihatkan sebuah gambar kepada siswa dan guru menyuruh siswa untuk menuliskan apa yang mereka bayangkan dalam pikiran mereka. Gambar yang diperlihatkan guru berhubungan dengan teks yang akan dibacakan, itu bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami teks. Dengan mengunakan strategi diatas diharapkan dapat meningkatkan motivasi mereka, siswa dalam memahami teks bahasa inggris khususnya teks deskriptif.

Copyrights © 2014