Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut: (1) pengetahuan siswa tentang pidato masih minim; (2) Pembelajaran pidato jaraang dilatihkan kepada siswa sehingga siswa kurang terampil dalam berpidato; (3) Siswa kurang percaya diri tampil di depan kelas; (4) Penggunaan metode pembelajaran pidato kurang bervariasi dan guru belum memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk terampil berpidato didepan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpidato siswa kelas MTsN Kecamatan Koto XI Tarusan dengan menggunakan metode naskah ditinjau dari aspek ketepatan ucapan, intonasi, sikap, dan kelancaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi adalah siswa kelas IX MTsN Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pessir Selatan tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah 180 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang dengan menggunakan metode naskah. Hasil Penelitian ini serbagai berikut. Pertama, kemampuan berpidato siswa untuk indikator ketepatan ucapan hampir cukup dengan rata-rata 55. Kedua, kemampuan berpidato siswa untuk indikator intonasi hampir cukup dengan rata-rata 53. Ketiga, kemampuan berpidato siswa untuk indikator sikap tergolong cukup dengan rata-rata 60. Keempat, kemampuan berpidato siswa untuk ketepatan ucapan lebih dari cukup dengan rata-rata 75,5. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpidato siswa kelas IX MTSN Tarusan dengan menggunakan metode naskah cukup dengan rata-rata 60,85 yang terdapat tingkat penguasaan 56-65% pada skala 10.
Copyrights © 2014