Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING WRITING BY COMBINING JOURNALIST QUESTIONS AND FLOWER STRATEGIES AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Darman, Riski - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Writing merupakan salah satu keterampilan bahasa Inggris untuk membuat writing. Didalam writing siswa dapat memperbaiki cara menulis mereka. Siswa harus memiliki keterampilan writing yang baik dan benar. Pada kenyataannya, banyak siswa tidak bisa menulis (writing) dengan baik dan mengalami kesulitan dalam membuat kalimat. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan writing dengan menggunakan dua strategi. Pertama, Journalist Questions strategy adalah strategi pertanyaan dengan mengguanakan 5Ws dan H. Dimana strategi ini membantu siswa belajar bagaimana untuk membuat kalimat dengan menggunakan pertanyaan dan mengembangkannya untuk membuat kalimat. Kedua, Flower strategy yaitu siswa menggembangkan ide-ide mereka didalam sebuah graphic yang berbentuk bunga yang didalamnya terdapat main idea dan supporting details. Dari situ mereka dapat menggembangkan ide-ide mereka dengan mudah untuk menjadi kalimat. Dengan kombinasi Journalist Questions dan Flower pada pengajaran writing diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam membuat teks dan belajar writing. Kemudian, melalui kombinasi strategi ini, siswa diharapkan dapat memahami pelajaran dan membuat mereka memahami bagaimana membuat teks dengan baik.

Copyrights © 2014