Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 4 (2022): October-December

Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Erlita Erlita (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dori Lukman Hakim (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal materi segiempat berdasarkan kriteria kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMPN di Kabupaten Karawang pada siswa kelas VII-A dengan subjek 35 siswa. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis yang diberikan sebanyak 4 butir soal uraian yang mengukur kemampuan siswa dalam menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan inference (memberikan kesimpulan) pada materi segiempat serta instrumen nontes yang digunakan adalah pedoman wawancara yang diberikan kepada siswa dan guru matematika di sekolah penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tes tulis dan wawancara menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan soal segiempat adalah: (a). Siswa kesulitan dalam memahami konsep dasar segiempat; (b). Siswa kesulitan dalam memahami tujuan soal; (c). Siswa kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian; (d). Siswa kesulitan dalam memahami makna simbol matematika dan rumus sehingga melakukan kesalahan perhitungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...