Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 3 No. 2 (2022): September

Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA Burhanul Abrar Besuki Situbondo

Rif'an Khumaidi (Universitas Islam Negeri KH. Ahmad Shiddiq - Jember, Indonesia)
Halimatus Sa'diyah (Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani - Situbondo, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian yaitu Ingin mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Burhanul Abrar, ingin mengetahui faktor yang menghambat dan upaya kepala sekolah untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Burhanul Abrar Besuki. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif, Sumber Data meliputi data primer, sekunder, pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data kualitatif menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini yaitu peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu dengan a) sebagai seorang pendidik kepala sekolah fokus terhadap pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar disekolah, b) sebagai pemimpin sekaligus manajer, c) sebagai pelaksanaan program kerja, d) Pengawasan dan pengendalian juga dilakukan secara terus menerus, e) Sebagai seorang motivator. Kepala sekolah mengalami hambatan dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana dan Belum meratanya kemampuan atau skill dalam penggunaan internet dan teknologi merupakan hal yang harus diperhatikan. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu dengan melakukan koordinasi dengan guru dan karyawan, melakukan bimbingan secara individu dan kelompok kepada guru dan karyawan, melakukan pelatihan Diklat untuk guru dan karyawan, pemberian reward terhadap guru dan karyawan yang berprestasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...