Batakarang
Vol. 3 No. 2 (2022)

KAJIAN KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PRAKTIKUM SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KOMPETENSI MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN DESAIN INTERIOR GEDUNG PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 WANUKAKA: STUDY OF AVAILABILITY OF PRACTICUM FACILITIES AND INFRASTRUCTURE AND ITS IMPLICATIONS ON THE COMPETENCE OF SUBJECTS OF SOFTWARE APPLICATIONS AND BUILDING INTERIOR DESIGN IN GRADE XI STUDENTS OF SMK N 1 WANUKAKA

Asfanasia Luba Louru Uly (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)
Hikmah Oddang (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)
Asrial (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketersediaan sarana dan prasarana praktikum dan implikasinya terhadap kompetensi Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interior Gedung pada siswa kelas XI SMK N 1 Wanukaka. Penelitian diskriptif yang dilaksanakan di SMK N 1 Wanukaka, mulai bulan Oktober sampai dengan Maret 2022. Populasi penelitian terdiri dari 6 orang guru dan 32 siswa kelas XI program mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interior Gedung. Teknik sampling dengan sampel jenuh, penentuan sampel dengan pertimbangan karena jumlah populasi kecil, sehingga semua anggota populasi otomatis menjadi sampel (6 orang guru dan siswa 32 orang). Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi dan kuesioner. Data yang diperoleh di coding dan disajikan dalam tabulasi bergolong, lalu dianalisis dengan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata ketersediaan sarana dan prasarana praktikum sebesar 84,58 terletak pada interval skor teoretik antara 73-94 dengan skor 35 atau 92,11%. Hasil tersebut bermakna bahwa rata-rata responden berada pada kelompok dengan kategori tinggi atau (S). Hasil penelitian ini secara empirik berdampak terhadap kompetensi mata pelajaran APLDIG dengan rerata sebesar 90,18 terletak pada interval skor teoretik antara 79-102 dengan skor 30 atau 78,95%, yang bermakna bahwa rata-rata kompetensi mata pelajaran APLDIG berada pada kelompok dengan kategori tinggi (S).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

batakarang

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Environmental Science

Description

Jurnal Batakarang Pendidikan Teknik Bangunan (Jurang PTB) adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana. Jurnal Batakarang PTB merupakan media publikasi karya-karya ilmiah khususnya hasil penelitian dalam bidang pendidikan, pendidikan teknik bangunan, ...