Batakarang
Vol. 3 No. 2 (2022)

PROBLEMATIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN DALAM MENGHADAPI PROSES PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19: PROBLEMS OF STUDENTS IN THE BUILDING ENGINEERING STUDY PROGRAM IN DEALING WITH THE ONLINE LEARNING PROCESS DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Mariana Kristin (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)
Tetty Setiawaty (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)
Paul G. Tamelan (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini mendapatkan data tentang permasalahan: 1) pembelajaran daring yang dihadapi mahasiswa berdasarkan letak geografis; 2) kreativitas dan keaktifan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran daring; dan 3) kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran daring. penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda menggunakan langkah-langkah, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolineritas, uji heterokeasitas, dan syarat-syarat regresi berganda. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan menggunakan jumblah sampel 158 orang. Hasil penelitian ini menunjukan persamaan regersi Y = 13,516 + 0,100X1 + 0,117X2 + 0,756X3, yang berarti jika Nilai konstanta sebesar 13,516 menunjukkan bahwa variable letak gografis, keaktifan dan kreativitas mahasiswa, kesiapan mahasiswa jika nilainya 0 maka pembelajaran daring meningkat sebesar 13,516 jika letak geografis (X1) sebesar 0,100 dengan nilai positif berati meningkat sebesar 1 kali maka pembelajaran daring meningkat sebesar 0,063, keaktifan dan kreatifitas (X2) sebesar 0117 sebesar 1 kali maka pembelajaran daring meningkat sebesar 0,019 kesiapan (X3) sebesar 0,756 dengan nilai positif. Hal ini berarti bahwa jika variabel kesiapan meningkat sebesar 1 kali maka pembelajaran daring meningkat sebesar 0,756.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

batakarang

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Environmental Science

Description

Jurnal Batakarang Pendidikan Teknik Bangunan (Jurang PTB) adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana. Jurnal Batakarang PTB merupakan media publikasi karya-karya ilmiah khususnya hasil penelitian dalam bidang pendidikan, pendidikan teknik bangunan, ...