PRISMA
Vol 11, No 2 (2022): PRISMA Volume 11, No 2 Tahun 2022

Pendidikan Multikultural Untuk Mengatasi Rasisme Dalam Matematika

Rahim, Rani (Unknown)
Dewi, Izwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendidikan multikultural untuk mengatasi rasisme dalam matematika. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi literatur terhadap konsep yang berkaitan dengan penelitian. Analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menelusuri berbagai sumber seperti buku dan jurnal, kemudian disimpulkan dalam uraian makna yang dapat dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengatasi rasisme yang ada dalam matematika, diperlukan suatu konsep pendidikan yang dapat menerima dan merangkul segala macam bentuk perbedaan agar setiap orang dapat memperoleh kesempatan yang sama dalam pendidikan. Salah satunya ialah melalui konsep pendidikan multikultural yang merupakan sebuah konsep, gerakan reformasi pendidikan, dan jalan untuk mengubah struktur institusi pendidikan sehingga murid laki-laki dan murid perempuan, murid berkebutuhan khusus, dan murid yang berasal dari beragam macam ras, etnis, dan budaya mendapatkan kesetaraan dalam memperoleh prestasi akademis di sekolah. Dalam pembelajaran matematika, guru wajib memberikan perlakuan yang sama dan tidak bersikap rasis terhadap setiap siswa dari berbagai latar belakang yang berbeda. Dengan perbedaan dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia, guru dapat memanfaatkan hal tersebut ke dalam pembelajaran matematika sehingga ke depannya siswa memiliki rasa cinta dan hormat terhadap segala bentuk perbedaan dan keanekaragaman yang ada di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...