Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) perubahan karakter peserta didik pada pembelajaran Matematika materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantu media Penyabar, 2) peningkatan pengetahuan materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantu media Penyabar, dan 3) peningkatan keterampilan materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantu media Penyabar bagi peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 10 Tegal Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini adalah: 1) adanya peningkatan nilai karakter peserta didik, ini dapat nilai karakter secara umum meningkat sebesar 0,68 dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari siklus 1 sebesar 1,72 dengan nilai Cukup (C) meningkat di siklus 2 menjadi 2,40 dengan nilai Baik (B), 2) Adanya peningkatan hasil tes pengetahuan materi Bangun Ruang Sisi Datar pada peserta didik, ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pengetahuan kondisi awal sebesar 58,67 meningkat pada siklus 1 menjadi 76,83 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 83,50, 3) Adanya peningkatan hasil tes keterampilan materi Bangun Ruang Sisi Datar pada peserta didik, ini dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan siklus 1 sebesar 64,33 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 87,00.
Copyrights © 2022