Jurnal Riset Psikologi
Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Psikologi (JRP)

Peningkatan Pengetahuan Moral Siswa Melalui Cerita Rakyat Daerah dalam Program “Diksi Ceria”

Nur Maulidia Rusmiati (Psikologi, Universitas Islam Bandung)
Fernanda Dwi Fadhilah (Psikologi, Universitas Islam Bandung)
Lischa Nabila Wilianaza (Psikologi, Universitas Islam Bandung)
Muhammad Azzam Ramadhani Asykar (Psikologi, Universitas Islam Bandung)
Annisa Nurkarimah (Psikologi, Universitas Islam Bandung)
Temi Damayanti Djamhoer (Psikologi, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Abstract. Lack of morality become hot topics recently due to bullying incident between student at the elementary school level. According to Lickona (2012), This behavior was representing the moral degradation. One of the methodology to prevent the incident is Folktale storytelling. This methodology is an experiment that use quantity approach. Research through “Diksi Ceria” Program which facilitate discussion about folktale for elementary student can improve knowledge about their knowledge about attitude and keep the story still exists, because folktale usually have many moral value behind the story. Diksi Ceria had effective in increasing moral knowledge through story telling at SDN 023 Pajagalan Bandung. Abstrak. Kondisi moral saat ini memprihatinkan karena banyaknya tindak kekerasan yang dilakukan oleh siswa terhadap teman sebaya. Perilaku ini mewakili ciri-ciri penurunan moral menurut Lickona (2012). Berdasarkan kasus tersebut, diperlukan metode baru untuk meningkatkan pengetahuan moral siswa, salah satunya melalui cerita rakyat. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian melalui program “Diksi Ceria (Diskusi mengenai Cerita Rakyat Daerah)” yang memfasilitasi pendiskusian cerita rakyat bagi siswa sekolah dasar sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan moral siswa serta menjaga eksistensi cerita rakyat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh cerita rakyat daerah dalam program “Diksi Ceria” sebagai media dalam meningkatkan pengetahuan moral siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan program Diksi Ceria “Diskusi Cerita Rakyat Daerah” efektif meningkatkan pengetahuan moral pada siswa kelas 4 SDN 023 Pajagalan, Bandung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Riset Psikologi (JRP) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu empirik dalam sub kajian Psikologi Sosial, Pendidikan, dll. JRP ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2798-6071 yang diterbitkan ...