Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh keikutsertaan anak di TPQ terhadap prestasi belajar PAI di SDN 01 Karang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SDN 01 Karang Tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rumus Person Product Moment. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data yang benar demi sesuai dengan kesimpulan yang sesuai dengan keadan yang ada dilokasi penelitian. Sebelum melakukan penggolahan data, terlebih dahulu peneliti melakukan uji validitas dan uji reabilitas, agar instrument yang digunakan sudah valid dan sudah reabel sehingga data yang diperoleh bersifat reabel. Setelah memperoleh hasil penelitian, maka data akan dioleh dengan menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat hubungan antara keikutsertaan anak di TPQ dengan prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN 01 Karang dengan hasil analisis perhitungan korelasi product moment yaitu hasil N = 34 pada tariff signifikan 5% = rtabel = 0,339 dan rhitung = 0,730. Sehigga disimpulakan rhitung = 0,730 ≥ rtabel = 0,339.
Copyrights © 2022