Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Pengaruh Keikutsertaan Anak di Pendidikan Al–Qur’an (TPQ) terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar

Faizatur Rohmah (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)
Praptiningsih Praptiningsih (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)
Alfian Eko Rochmawan (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh keikutsertaan anak di TPQ terhadap prestasi belajar PAI di SDN 01 Karang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SDN 01 Karang Tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rumus Person Product Moment. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data yang benar demi sesuai dengan kesimpulan yang sesuai dengan keadan yang ada dilokasi penelitian. Sebelum melakukan penggolahan data, terlebih dahulu peneliti melakukan uji validitas dan uji reabilitas, agar instrument yang digunakan sudah valid dan sudah reabel sehingga data yang diperoleh bersifat reabel. Setelah memperoleh hasil penelitian, maka data akan dioleh dengan menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat hubungan antara keikutsertaan anak di TPQ dengan prestasi belajar PAI siswa kelas V SDN 01 Karang dengan hasil analisis perhitungan korelasi product moment yaitu hasil N = 34 pada tariff signifikan 5% = rtabel­ = 0,339 dan rhitung = 0,730. Sehigga disimpulakan rhitung = 0,730 ≥ rtabel = 0,339.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...