Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Implementasi Kebijakan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi ABK dan/atau Memiliki Bakat Istimewa Di SMPN Kota Padang

Yessi Warminda (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Hasrul Hasrul (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Meri Haryani (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai yaitu: 1) Menganalisis implementasi kebijakan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 Inklusif untuk ABK di SMPN Kota Padang, 2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi kebijakan Pendidikan Inklusif di SMP Negeri di Kota Padang, dan 3. Menganalisis implikasi kebijakan terhadap hak ABK di penyelenggara Pendidikan Inklusif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Informan ditentukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan Pendidikan Inklusif untuk ABK ada tiga komponen yaitu, (a). Dinas Pendidikan Kota Padang telah berupaya untuk mengimplementasikan kebijakan  Pendidikan Inklusif di SMP Negeri di  Kota Padang yang Pelaksanaan sudah  8 tahun lamanya, (b) Tenaga Pendidik di SMP Negeri di kota Padang masih kekurangan GPK untuk  ABK sehingga kurang siap dalam menghadapi ABK, (c) Sarana dan Prasarana untuk  ABK sudah ada, namun belum mencukupi untuk semua SMPN di Kota Padang, (2) Faktor yang mempengaruhi kebijakan Pendidikan Inklusif di SMPN Kota Padang yaitu, (a) Struktur Birokrasi (b) Sumber Daya (c) Disposisi dan (d) Komunikasi. (3) Implikasi kebijakan terhadap hak ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan Inklusif yaitu sudah terpenuhi tapi belum merata untuk seluruh sekolah Inklusif yang ada di Kota Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...