Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 5, No 2 (2022): (November) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

ANALISIS MISKONSEPSI CALON GURU KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Berliana Agatha (UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
Razita Fanadrarul Amiza (UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
Yuni Sulistyaningsih (UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Miskonsepsi diartikan sebagai suatu konsep awal yang dimiliki siswa yang tidak sesuai dengan penjelasan yang diterima umum akibat dari pengalaman yang dikonstruksi siswa. Miskonsepsi dapat juga disebut suatu konsep alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi calon guru kimia pada materi kesetimbangan kimia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal berbentuk tes diagnostik two-tier, yang diujikan kepada 15 mahasiswa secara purposive sampling melalui metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak 13,85% pada materi kesetimbangan kimia yaitu pada konsep pendekatan kesetimbangan, aplikasi prinsip Le Chatelier, kekonstanan dari konstanta kesetimbangan, kesetimbangan heterogen, dan efek dari katalis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...