CYBERNETICS
Vol 6, No 02 (2022): CYBERNETICS

Penerimaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan PLS-SEM

Agung Prabowo (Universitas Tanjungpura)
Ilhamsyah Ilhamsyah (Universitas Tanjungpura)
Dian Prawira (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Wabah Covid-19 menjadi pandemi global bagi seluruh dunia yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar ditiadakan secara tatap muka sehingga menggunakan pembelajaran daring. Media pembelajaran sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran daring salah satunya Google Classroom. Dalam mengukur penerimaan Google Classroom yang sudah digunakan, dapat melakukan penggabungan dari Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan Model Task Technology Fit dengan tujuan agar dapat memberikan pemahaman dalam pemberian kesimpulan pada penerimaan suatu sistem. Analisis statistika yang dipakai yaitu Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Data yang dikumpulkan melalui Google form sebanyak 90 responden. Hasil pengujian path coeffient jalur terhadap 11 jalur yaitu > 0,1 dapat dikatan memiliki pengaruh, sedangkan hasil pengujian t-test hanya terdapat 7 hipotesis yang diterima karena memiliki nilai > 1,65

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CN

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CYBERNETICS is published two times annually, May and November by the Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Pontianak (P3I) in colaboration with the Department of Informatics, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah, Pontianak. The aim of the journal is to publish ...