AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2022): Afore : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMK NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Surven (Unknown)
Sarumaha, Antonius (Unknown)
La’ia, Hestu Tansil (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi SPLTV, 2) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi SPLTV.Penelitian ini menggunakan jenis penelitiankualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Jumlahinforman dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 orang. Data dianalisa dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik pengumpulan data penelitian melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan wawancara.Temuan penelitian diperoleh (1) siswa tidak mampu menyajikan kembali konsep atau definisi SPLTV, (2)siswa tidak mampu membedakan sistem persamaan yang termasuk SPLTV dan bukan termasuk SPLTV, (3) siswa tidak mampu menyajikan konsep SPLTV dalam berbagai bentuk representasi matematika terutama menyusun persamaan atau membuat model matematika, (4) siswa kesulitan mengembangkan kecukupan suatu data atau informasi yang ada pada soal untuk dapat menyelesaikan soal tersebut, (5) siswa kesulitan menggunakan atau memilih prosedur penyelesaian yang digunakan dalam SPLTV misalnya metode eliminasi dan metode subtitusi,(6) siswa tidak mampu mengaplikasikan konsep SPLTV dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah.Melalui penelitian ini, disarankan agar setiap guru mata pelajaran matematika dapat lebih mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, siswa diharapkan agar tidak mengandalkan hafalan, akan tetapi lebih mengutamakan pemahaman konsep terhadap materi SPLTV sehingga dapat mengaplikasikan konsep tersebut dalam berbagai situasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Afore

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Afore: Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal bidang pendidikan dan ilmu matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, instruksi, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian yang berada di bawah ...