PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 1 No. 2 (2019): AUGUST

MEMBENTUK KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 GORONTALO

Danial, Vatmawati (Unknown)
Supiah, Supiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2020

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah jalur dalam membentuk generasi mendatang, disamping harus benar-benar diarahkan untuk menghasilkan manusia berkualitas dan mampu bersaing, juga harus diarahkan agar memiliki budi pekerti dan moral yang baik. Pembentukan karakter pada pembelajaran yang afektif sangat membantu peserta didik dalam membentuk sikap mereka. Strategi guru dalam membentuk karakter melalui pembelajaran afektif juga hendaknya membiasakan anak untuk mencari sendiri apa yang ingin diketahuinya. Anak diharapkan bisa mengajukan pertanyaan, berdiskusi, menemukan sendiri atau melakukan sesuatu berdasarkan bahan pelajaran yang telah diberikan, seperti membandingkan, melakukan eksperimen dan sebagainya. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana karakter peserta didik. bagaimana membentuk karakter melalui pembelajaran afektif peserta didik serta mengetahui kendala dan solusi apa yang dilakukan dalam membentuk karakter melalui pembelajaran afektif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan : berbagai cara yang dilakukan untuk membentuk karakter peserta didik yaitu membiasakan peserta didik mengucap salam, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran serta melakukan bimbingan bagi siswa yang belum terlalu mahir dalam membaca Al-Qur’an dengan mengelompokkan sesuai dengan pemahaman masing-masing. Namun meskipun cara dalam penyusunan program yang jelas tersebut sudah dilakukan, tetapi masih ada kendala yang terjadi diantaranya : masih banyak siswa yang belum mengetahui huruf-huruf hijaiyah yang ada dalam Al-Quran, hal ini disebabkan karena kurangnya bimbingan dan dorongan dari orang tua untuk belajar Al-Quran di rumah sehingga siswa juga enggan untuk mempelajarinya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...