Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

DISFEMISME KEBAHASAAN KOLOM KOMENTAR AKUN INSTAGRAM @PUANMAHARANIRI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Agnes Christina Napitupulu (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dase Erwin Juansah (Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Untirta)
farid ibnu wahid (Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Untirta)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk unit gramatikal disfemisme, serta fungsi penggunaan disfemisme dalam kolom komentar akun media sosial Instagram @puanmaharaniri dan hubungannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif yang memberikan data akurat tentang penggunaan kebahasaan disfemisme dan fungsi disfemisme. Data pada penelitian ini adalah ungkapan warganet yang mengandung disfemisme dalam kolom komentar akun media sosial Instagram Puan Maharani. Metode penyediaan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, metode simak, dokumentasi, dan teknik catat. Klasifikasi data pada penelitian ini berdasakan bentuk dan fungsi. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk unit gramatikal disfemisme dalam kolom komentar akun media sosial Instagram Puan Maharani terdiri dari kata, frasa, dan kalimat. Fungsi penggunaan disfemisme dalam kolom komentar akun media sosial Instagram Puan Maharani yang di antaranya adalah (1) fungsi disfemisme sebagai perantara untuk menyatakan hal yang tabu atau senonoh, (2) fungsi disfemisme sebagai petunjuk rasa tidak suka terhadap seseorang, (3) fungsi disfemisme sebagai penggambaran negatif tentang suatu tindakan, (4) fungsi disfemisme sebagai sarana mengolok-olok; mencela; atau menghina, dan fungsi disfemisme sebagai sarana untuk mengkritik. Hasil penelitian ini akan diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP, khususnya berkaitan dengan materi teks diskusi.

Copyrights © 2022