Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 6, No 2 (2022)

POLA PIKIR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BANGUN RUANG: STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Ade Firma Handriyani Putri (University of Muhammadiyah Gresik)
Nur Fauziyah (Unknown)
Afakhrul Mas’ub Bakhtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika melalui upaya penyelesaian soal tidak bisa terlepas dari peran pola berpikir kognitif yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ragam tindakan berpikir kognitif peserta didik yang bersumber pada konsep taksonomi pembelajaran yang dikemukakan oleh Bloomfield dalam upaya menyelesaikan soal-soal matematika bangun ruang yang kompleks dan menemukan ragam faktor afektif yang mempengaruhi keberadaan pola pikir kognitif peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri atas 6 peserta didik kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Gresik. Instrumen yang digunakan adalah soal matematika pada materi bangun ruang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek lebih cenderung menggunakan pola pikir tingkat rendah ketika berupaya untuk menyelesaikan soal-soal matematika bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan ragam tindakan berpikir pada tingkat pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi yang ditunjukkan oleh subjek tersebut. Penelitian ini merekomendasikan bahwa guru diharapkan untuk berusaha keras dengan berbagai strategi dalam meningkatkan cara atau pola berpikir peserta didik untuk membangun pola berpikir tingkat tinggi guna mencapai keberhasilan yang lebih baik dalam belajar matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...