Kegiatan pembelajaran matematika melalui upaya penyelesaian soal tidak bisa terlepas dari peran pola berpikir kognitif yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ragam tindakan berpikir kognitif peserta didik yang bersumber pada konsep taksonomi pembelajaran yang dikemukakan oleh Bloomfield dalam upaya menyelesaikan soal-soal matematika bangun ruang yang kompleks dan menemukan ragam faktor afektif yang mempengaruhi keberadaan pola pikir kognitif peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri atas 6 peserta didik kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Gresik. Instrumen yang digunakan adalah soal matematika pada materi bangun ruang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek lebih cenderung menggunakan pola pikir tingkat rendah ketika berupaya untuk menyelesaikan soal-soal matematika bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan ragam tindakan berpikir pada tingkat pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi yang ditunjukkan oleh subjek tersebut. Penelitian ini merekomendasikan bahwa guru diharapkan untuk berusaha keras dengan berbagai strategi dalam meningkatkan cara atau pola berpikir peserta didik untuk membangun pola berpikir tingkat tinggi guna mencapai keberhasilan yang lebih baik dalam belajar matematika.
Copyrights © 2022