SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Vol. 3 No. 3 (2022): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga

Field Games untuk Menstimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar

Ahmad (Universitas Tanjungpura)
Uray Gustian (Universitas Tanjungpura)
Y. Touvan Juni Samodra (Universitas Tanjungpura)
Rubiyatno (Universitas Tanjungpura)
Rahmat Putra Perdana (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu  Pra Exsperimental Designs dengan pendekatan One Group Pretest Posttest Designs dengan sample anak SD yang berjumlah 12 orang dibagi dua tim,tim A terdiri 6 orang dan tim B terdiri 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen Game Performance Assessment Instrument (GPAI). Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian yang diperoleh dari pretest dari tim A nilai rata-rata GPAI 5,4, sedangkan tim B nilai rata-rata GPAI 4,64. Hasil penelitian yang diperoleh dari posttest dari tim A nilai rata-rata GPAI 6,94, sedangkan tim B nilai rata-rata GPAI 6,6. Ternyata ada peningkatan anak dalam kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan uji data dinyatakan normal dan homogen. Uji T memberikan hasil sig hitung 0,018 < 0,05 maka dinyatakan ada perbedaan kemampuan memecahkan masalah pada siswa. Sehingga field game efektif untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sprinter

Publisher

Subject

Physics Other

Description

SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga merupakan jurnal penelitian, kajian pustaka, dan review pada bidang pendidikan olahraga, ilmu olahraga, kepelatihan olahraga, dan pariwisata ...