P2M STKIP Siliwangi
Vol 9 No 2 (2022): Volume 9 Nomor 2: November 2022

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MODEL OPEN ENDED BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN KELAS IV SD N 2 SURODADI

Zeni Setyanti (Universitas Muria Kudus)
Yuni Ratnasari (Universitas Muria Kudus)
Savitri Wanabuliandari (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep pecahan peserta didik kelas IV SD 2 Surodadi dengan penerapan model open ended berbantuan media balok pecahan dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru dan pemahaman konsep matematis, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah model open ended berbantu media blok pecahan.  Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menerapkan model open ended siklus I mencapai 77% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81%; dan (2) keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran matematis dengan menerapkan model open ended pada siklus I pertemuan 1 sebesar 65% sedangkan pada siklus II sebesar 70%, dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77% serta pada pertemuan 2 sebesar 80%. Kesimpulannya adalah pemahaman konsep matematis peserta didik meningkat dengan menggunakan model open ended berbantuan media blok pecahan dan keterampilan guru dalam mengajar dengan menggunakan model open ended berbantuan media blok pecahan juga mengalami peningkatan. 

Copyrights © 2022